Senin, 12 Februari 2024

Tiga Kata Ajaib

Halo Sobat WR!

Salam Sejahtera bagi kita semua.

Kali ini kita akan membahas tentang 3 kata ajaib. Tahukah kamu apa saja 3 kata ajaib itu?

Untuk mengetahuinya, mari kita baca bersama-sama!

 

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Maka, komunikasi yang baik adalah kunci terciptanya hubungan yang baik pula terhadap sesama. Dimulai dengan berkata dan berbuat baik kepada orang lain. Hal itu dapat kita lakukan kepada orang tua kita, guru, teman dan semua orang. Berkomunikasi yang baik bisa  dimulai dengan mengucapkan/menerapkan 3 kata ajaib ini.

1. Tolong

Apabila kita ingin meminta teman kita melakukan sesuatu atau mengambilkan sesuatu, maka hendaklah ucapkan kata "tolong".

Contohnya: "Adik, tolong bukakan pintu!" , " Kawan, tolong ambilkan pensilku yang jatuh!"

 2. Maaf

Jika kita melakukan kesalahan, hendaknya kita meminta maaf. Dengan mengucapkan kata maaf tidak menjadikan harga diri kita rendah melainkan itu adalah bentuk kepedulian kita kepada sesama.

Contohnya : " Maaf Rara, aku tidak sengaja menjatuhkan pensilmu."

 3. Terima kasih

Seringkali ucapan ini diabaikan dan dianggap sepele. Padahal dengan mengucapkan terimakasih, itu merupakan bentuk penghargaan kita kepada orang lain. Contohnya : "Terima kasih mama telah menyiapkanku bekal.", " Kawan, terima kasih sudah membantuku berhitung."

Dengan mengucapkan terimakasih, orang lain akan merasa dihargai dan juga membuat kita merasa bersyukur.

Itulah dia tiga kata ajaib yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga sobat WR dan reader disini dapat selalu membiasakan perkataan dan perilaku yang baik pada semua orang sehingga tertanam dalam jiwa kita rasa persatuan dan kesatuan  terhadap sesama.

Salam Hebat untuk Sobat WR yang Hebat!


Oleh: Ibu Saffanah Zahra

Tidak ada komentar:

Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB 2020