Rabu, 27 Maret 2024

Cara Menjaga Kelestarian Alam

1.Tidak membuang sampah sembarangan. Sampah menjadi permasalahan besar yang di hadapi saat ini,terlebih masih banyak masyarakat yang belum membuang sampah secara tertib di tempatnya,hal ini kemudian mengakibatkan air dan lingkungan tercemar,aliran sungai terhambat,dan berpotensi mengakibatkan banjir. 

2.Tidak Membakar Sampah Aktivitas membakar sampah sangat tidak di sarankan,karena dapat menyebabkan kerusakan ozon. Sedangkan ozon berfungsi mengatur jumlah atau porsi sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan bumi,melindungi bumi agar sinar ultraviolet tidak langsung mengenai permukaan bumi,menyerap sinar ultraviolet,menjaga suhu bumi agar tetap stabil. 

3.Menghemat Energi Salah satu langkah yang dapat di lakukan untuk penghematan energi salah satunya adalah mematikan lampu di siang hari atau saat tidak digunakan,dan bisa juga dengan menghemat BBM.dengan meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi.Dengan beralih menggunakan kendaraan umum atau bila hendak pergi ke tempat yang relatif dekat gunakanlah sepeda atau berjalan kaki. 

4.Menggunakan Produk Daur Ulang. Menggunakan produk daur ulang dapat menjadi langkah yang membantu mengurangi sampah.saat ini cukup mudah untuk bisa membeli produk-produk hasil daur ulang di pasaran. 

5.Menanam Pohon Semakin sedikitnya lahan hijau di Indonesia juga menjadi permasalahan yang tidak dapat diabaikan.Sebagai Pelajar kita harus mengambil tindakan nyata untuk melestarikan lingkungan dengan cara menanam pohon di sekitar rumah.Area pekarangan rumah yang di tanami pohon berfungsi sebagai area resapan air.Bila curah hujan tinggi,area resapan air inilah yang mencegah terjadinya banjir. 

6.Mengurangi Sampah. Sampah yang dihasilkan setiap tahun di Indonesia masih sangat tinggi.maka cara untuk mengurangi sampah salah satunya adalah dengan menggunakan kantong belanja yang bisa digunakan berkali-kali.seperti kantong belanja dari bahan kain. Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan agar tetap terjaga kelestariannya.karena denganmelestarikan lingkungan artinya,kita turut menjaga masa depan bumi. 

Oleh   : Claudya Angela 
Kelas  :5B

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantapzzzz

Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB 2020