Senin, 22 Januari 2024

Pustaka Kelana

Pustaka Kelana merupakan salah satu program unggulan di kelas 1 SD PLTU Suralaya Wukir Retawu. Pada kegiatan ini, setiap anak membawa satu buku bacaan. Setiap Jum’at, setiap siswa dapat bertukar buku dengan temannya untuk dibaca pada hari tersebut. Pustaka Kelana diadakan sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan literasi dari lingkungan sekolah agar dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap tumbuh kembang anak.

Anak-anak usia kelas 1 SD termasuk fase perkembangan otak yang begitu pesat hingga mencaai 80%. Perkembangan otak anak akan lebih optimal dengan adanya stimulus. Selain di rumah, sekolah juga memiliki peran dalam membantu tumbuh kembang anak untuk menambah pengetahuan anak.

Dalam meningkatkan tumbuh kembang anak, orang dewasa (orangtua atau guru) di sekitarnya tidak dapat melakukan peranannya sesuai dengan keinginan, seperti menyuruh mereka untuk belajar diluar kemampuan anak dengan tujuan agar anak menjadi pintar di masa depan. Hal yang lebih penting adalah menunjukkan sikap, perilaku, dan kebiasaan baik karena anak adalah peniru ulung kebiasaan orang-orang terdekatnya.

Kegiatan literasi dapat menjadi salah satu stimulus tumbuh kembang anak. Setidaknya ada tiga jenis literasi, yaitu:

a.    Literasi Lisan

Literasi lisan adalah kemampuan untuk berbicara atau mendengarkan. Kegiatan yang dapat dilakukan dengan memperdengarkan audio lagu atau lantunan ayat al-qur’an.

b.    Literasi Visual

Literasi visual adalah kemampuan mengenai penggunaan garis, bentuk dan warna yang dibuat dengan gambar sehingga terlihat menarik bagi anak.

c.    Literasi Teks Tertulis

Literasi teks tertulis merupakan kegiatan yang berhubungan dengan teks tertulis melalui bentuk membaca atau menulis. Kegiatan yang dapat dilakukan dengan memberikan anak buku bacaan dengan gambar-gambar yang menarik.

Kegiatan literasi yang dikenalkan sejak dini dapat memberikan dampak positif pada perkembangan psikologis, linguistik, kognitif, emosional, sosial, akademis dan bernalar kritis. Berikut ini manfaat membaca buku bagi anak, diantaranya:

1.     Membantu anak lebih baik dalam menulis

2.    Membuat anak lebih baik dalam membaca

3.    Membuat anak lebih pandai berhitung

4.    Anak-anak lebih mudah menyelesaikan masalahnya sendiri


Oleh Ibu Dhia Maghfiroh Romadhoni

Source:

Mediacenter.temanggungkab.go.id

@parentingberdua

Tidak ada komentar:

Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB 2020