Jumat, 23 Februari 2024

Sistem Pernapasan pada Manusia

1. Organ dan proses pernapasan pada manusia

Bernapas adalah proses menghirup oksigen(O2) dari lingkungan dan menghembuskan napas karbon dioksida(CO2

 

A. Hidung

Proses pernapasan pada manusia dimulai dari hidung. Udara yang dihirup saat menarik napas (inspirasi), masuk melalui lubang hidung(nares) kiri dan kanan. Di dalam rongga hidung terdapat rambut dan selaput lendir  yang berfungsi untuk membersihkan kamar yang kita hirup. Selaput lendir juga berfungsi untuk membasahi dan menghangatkan udara.


B. Laring

Setelah melewati rongga hidung, udara masuk ke kerongkongan bagian atas (nasofaring), kemudian kebawah untuk masuk ke pantai tenggorokan Laring. Laring terdiri atas katup epiglotis dan beberapa tulang rawan yang membentuk jakun. Epiglotis adalh lipatan tulang rawan yang berfungsi untuk mengatur makanan dan minuman agar tidak masuk ke tenggorokan

 

C. Trakea

Setelah melalui tenggorokan, udara masuk ke batang tenggorokan trakea. Batang tenggorokan tersusun dari tulang rawan yang berbentuk cincin. Pada batang tenggorokan trdapat rambut dan selaput lendir yang berfungsi untuk menahan dan mengeluarkan kotoran yang tidak tersaring di rongga hidung.

 

D. Bronkus

Dari trakea, udara diteruskan ke cabang batang tenggorokan (bronkus). Bagian akhir batang tenggorokan bercabang menjadi dua bronkus, satu cabang menuju paru paru kanan, dan satu cabang lagi menuju paru paru kiri.

 

E. Paru paru

Paru paru manusia terletak di dalam rongga dada. Manusia mempunyai dua buah paru paru, yaitu paru paru kanan dan kiri. Paru paru kanan terdiri atas tiga gelembir, sedangkan paru paru kiri terdiri atas dua gelambir. Setiap paru paru dibungkus oleh selaput ganda yang lentur dan tipis yang disebut pleura. 


Oleh    : Febi Syakira Nuri 

Kelas    :5B

Tidak ada komentar:

Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB 2020