Kamis, 06 September 2018

Berlatih Berbicara

Berbicara adalah hal yang biasa kita lakukan dalam keseharian baik di rumah, di sekolah, di masyarakat, di pasar, dll. Berbicara adalah saling memberikan informasi yang penting bagi berlangsungnya kehidupan sosial di masyarakat. Ini adalah kemampuan dasar manusia. Akan tetapi akan berbeda jika situasi berbicara harus di depan orang banyak, membicarakan sesuatu yang mengandung ilmu pengetahuan atau hal yang penting untuk diketahui bersama, tidak semua orang mampu melakukannya dengan baik, orang dewasa sekalipun. Membutuhkan rasa percaya diri, jam terbang tampil, bahasa tubuh yang baik, kejelasan bahasa, intonasi yang tepat agar pesan dapat tersampaikan. 

Kemampuan presentasi dan berbicara di depan umum ini perlu dilatih sejak anak-anak masih kecil, terutama di tingkat Sekolah Dasar. Tentu disesuaikan dengan kemampuan anak, walaupun di awalnya malu, kurang pede, yang terpenting adalah mereka mau belajar, mau berbicara sesuai dengan gaya anak-anak, dengan dibimbing orang dewasa. Jika terus dibiasakan maka akan tumbuh rasa percaya dirinya. Karena anak-anak adalah generasi yang akan meneruskan kepemimpinan bangsa Indonesia di masa depan. Tentunya diperlukan generasi yang tangguh, percaya diri dan berani tampil.

Berikut foto-foto penampilan anak-anak Kelas 5-B mempresentasikan tentang macam-macam gangguan pada Organ Pernafasan Manusia:






Tidak ada komentar:

Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB 2020