Rabu, 21 Februari 2018

Fieldtrip SD Wukir Retawu sebagai Model Experiential Learning



Fieldtrip SD Wukir Retawu  sebagai Model Experiential Learning dalam pembelajaran

Model Experiential Leraning dalam  proses belajar mengajar yang mengaktifkan pembelajar untuk membangun pengetahuan dan keterampilan melalui pengalamannya secara langsung.

Hore..hore…hore…..hari rabu telah tiba…. Ya … tanggal 14 Februari 2018      itulah hari –hari yang selau di nanti  siswa kelas 2 SD Wukir Retawu, di sambut dengan sangat girang… rupaya hari itu siswa kelas 2 SD wukir retawu akan berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah dalam rangka Fileldtrip Tahunan.


SD PLTU Suralaya  wukir retawu yang berada di ujung Pulau Jawa bagian barat, tepatnya di komplek PLN Lebak Gede Kecamatan Pulomerak.


Dalam rangka memotivasi siswa dan menyambut Penilaian Tengah Semester  (PTS) semester 2  supaya murid lebih semangat dalam menghadapinya, maka secara rutin sekolah mengadakan kegiatan belajar di luar ruang kelas, salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan Field Trip. Untuk kegiatan Field Trip kali ini tema, materi, lokasi dan tempatnya sudah ditetapkan oleh para dewan guru kelas 2 beserta dengan komite sekolah. Pada Field Trip kali ini lokasi yang dipilih adalah Taman Mini Indonesia Indah, untuk menambah wawasan bagi murid kelas 2 dalam mempelajari aneka ragam budaya, rumah adat, rumah ibadah,  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK), serta Anjungan Propinsi Banten  dan Terakhir Wahana Keong Mas. 


Kegembiraan siswa kelas 2 sangat terpancar dengan raut senyum, tawa dan sorak bahagia.….Pukul 06.00 WIB murid-murid sudah bergegas menuju ke bisnya masing-masing, yang mana sudah disiapkan sebanyak 3 (tiga) unit bis. Alhamdulillah untuk pemesanan bis, sudah sesuai dengan harapan dari sekolah serta orang tua murid dan tidak terjadi kekurangan sesuatu apapun selama kegiatan Field Trip ini berlangsung. Bis kemudian berangkat menuju Taman mini  pukul 06.15

Sesampianya di Taman Mini Jakarta pada pukul 09.30, siswa langsung menuju ke Anjungan Rumah adat Propinsi Banten, langsung di sambut dan di terima oleh petugas anjungan. Setelah siswa berada di dalam ruangan anjungan kemudian di berikan pengetahuan tentang kebudayaan anten dari mulai rumah adat, tarian, alat musik, dan  pakaian adat, kemudian di akhiri dengan foto bersama di depan anjungan banten.


Selang beberapa menit, kemudian rombongan filtrip  kelas  2  menuju wahana PPIPTEK, kunjungan Field Trip  ke PPIPTEK, dimana pada hari itu suasana sangat ramai karena rupanya pada saat bersamaan juga ada kunjungan dari beberapa sekolah dari luar daerah. Di tempat ini murid-murid dibebaskan untuk mencoba semua wahana yang ada, yang mana fokusnya adalah untuk pengembangan pelajaran IPA seperti energi, rambat bunyi, dan yang paling seru menyaksikan Dinosaurus.....he ...he walaupun imitasi.........

  
Tak terasa pukul 12.00, siswa kelas dua rupanya sudah tahan perutnya keroncongan pak guru laper........laper....... Even Organizer langsung menyiapkan makan siang dengan menukar kupon yang sudah di bagi, kemudian setelah siswa makan siang yang di barengi dengan hujan rintik, rombongan langsung menuju Wahana Keong Mas untuk menyaksikan tayangan pengetahuan tentang kekayaan Laut di propinsi Papua yang sangat indah dan menawan, di sisni siswa di ajak untuk menjaga kelestarian lingkungan laut serta isinya dan di suguhkan tayangan terumbu karang serta kereaneka ragaman ikan yang sangat indah.


mudah-mudahan dengan fieldtrip SD Wukir Retawu kelas 2, menjadikan pelajaran langsung sebagai pengalaman yang berharga untuk menambah pengetahuan dan meningkatan motivasi belajar siswa dalam meningkatkan pembelajaran di sekolah.

 By..Ansandy 




Tidak ada komentar:

Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB 2020