Senin, 09 Mei 2016

Outing Class V

Outing Class V ke Museum Fatahillah, Monumen Pancasila Sakti dan Taman Burung (TMII)

Tepat tanggal 27 April 2016, kami siswa-siswi kelas V SD PLTU Suralaya “Wukir Retawu” outing class dalam rangka pembelajaran secara langsung. Anak-anak tampak antusias dalam mempelajari benda-benda peninggalan bersejarah yang ada di museum Fatahillah. Tujuan pembelajaran ini adalah agar anak-anak mengetahui benda-benda peninggalan bersejarah dan bagaimana cara merawat benda-benda peninggalan bersejarah.




Anak-anak mempelajari sejarah perjuangan Sultan Agung Hanyokrokusumo melalui lukisan yang terdapat di museum Fatahillah. Anak-anak dijelaskan oleh Guide dari museum Fatahillah. Di sini semua siswa mempelajari bagaimana perjuangan masyarakat pada masa pimpinan Sultan Agung.

Masih di sekitar museum Fatahillah, anak-anak menuju halaman depan dan di sana anak-anak mempelajari penggunaan magnet pada sepeda onthel. Mereka asyik memperhatikan cara kerja dinamo pada sepeda sambil mereka berkeliling mengayuh sepeda onthel-nya.


Tibalah di Museum Pancasila Sakti, semua siswa mempelajari kegigihan dan keberanian para pahlawan revolusi dalam melawan PKI (Partai Komunis Indonesia). Di sana anak-anak melihat film dokumenter, dan patung replika ketika para pahlawan revolusi disiksa oleh PKI, yang mana mereka setelah disiksa, diseret ke lubang buaya. Disana di buat relief yang menceritakan kisah perjuangan para pahlawan revolusi.

Replika patung di ruang penyiksaan

Patung pahlawan revolusi

Relief kisah G30S/PKI

 
Lubang Buaya
Rute perjalanan terakhir kami yakni menuju Taman Burung yang ada di TMII, seluruh siswa mempelajari berbagai jenis ekosistem yang ada di Taman burung. Dimana semua siswa dapat mengidentifikasi hewan-hewan langka yang ada di Indonesia. Siswa pun dapat membedakan mana individu, populasi, komunitas maupun ekosistem .


Outing class ini memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan oleh semua siswa kelas V karena mereka mempelajari secara langsung. 

Created by : Tiyas 

Tidak ada komentar:

Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB 2020